Financial Consolidation

Laporan Keuangan Konsolidasi adalah Laporan yang menyajikan posisi keuangan dan hasil operasi untuk induk perusahaan (entitas pengendali) dan satu atau lebih anak perusahaan (entitas yang dikendalikan) seakan-akan entitas-entitas individual tersebut merupakan satu entitas atau perusahaan satu perusahaan

Laporan Keuangan Konsolidasi diperlukan apabila salah satu perusahaan yang bergabung memiliki kontrol terhadap perusahaan lain, dan sebaliknya laporan keuangan konsolidasi tidak diperlukan apabila satu perusahaan tidak memiliki kontrol terhadap perusahaan lain. Artinya, jika tidak memiliki hak kendali (control) yang lebih, maka mereka adalah badan usaha (entity) mandiri, artinya mereka masing-masing akan membuat laporan keuangan yang sendiri-sendiri dan tidak mungkin untuk digabungkan, ditambahkan atau yang sejenisnya. Jadi, tidak ada maksud untuk membuat sebuah laporan keuangan konsolidasi.

Apa Yang Kami Lakukan ?

Kebutuhan untuk melakukan konsolidasi keuangan semakin penting karena faktor seperti merger dan akuisisi. Di masa lalu, hanya perusahaan-perusahaan multinasional besar yang sudah Go-Public dan membutuhkan laporan konsolidasi, tapi sekarang tidak jarang untuk sebuah perusahaan menengah yang memiliki beberapa badan hukum di negara-negara yang berbeda atau dalam satu negara.

Meskipun persyaratan konsolidasi keuangan perusahaan seperti ini cukup kompleks, karena harus menghasilkan satu set rekening konsolidasi yang dilakukan dalam spreadsheet, sehingga sangat memakan waktu dan rawan kesalahan. Sekarang ada berbagai solusi konsolidasi keuangan yang dapat merampingkan dan menambah nilai proses dan sistem yang ada.

Financial Consolidation kami bangun dengan konsep sederhana untuk mempercepat proses implementasi dan memudahkan pengelolaan sistem, sehingga jika terjadi perubahan yang cukup mendasar dalam struktur organisasi yang mengakibatkan perubahan Chart of Account atau penambahan anak perusahaan atau penambahan company code di dalam satu perusahaan user mampu mengelolanya sendiri tanpa keterlibatan konsultan.

Maksud dan Tujuan

Adapun maksud dan tujuan Laporan Keuangan Konsolidasi disusun, yaitu: agar dapat memberikan gambaran yang obyektif dan sesuai atas keseluruhan posisi dan aktivitas dari satu perusahaan yang terdiri atas sejumlah perusahaan yang berhubungan istimewa, dimana laporan konsolidasi keuangan diharapkan tidak boleh menyesatkan pihak-pihak yang berkepentingan dan harus didasarkan pada substansi atas peristiwa ekonomi juga.

Dalam menyusun laporan keuangan konsolidasi, laporan anak perusahaan digabungkan satu persatu dengan menjumlahkan unsur-unsur yang sejenis dari asset, kewajiban, ekuitas, pendapatan dan beban. Agar laporan keuangan konsolidasi dapat menyajikan informasi keuangan dari kelompok perusahaan tersebut sebagai satu kesatuan ekonomi, maka perlu dilakukan langkah-langkah berikut:

1. Transaksi dan saldo resiprokal antara induk perusahaan dan anak perusahaan harus dieliminasi.

2. Keuntungan dan kerugian yang belum direalialisasi, yang timbul dari transaksi antara bank dan anak perusahaan harus dieliminasi.

3. Untuk tujuan konsolidasi, tanggal laporan keuangan anak perusahaan pada dasarnya harus sama dengan tanggal laporan keuangan bank. Apabila tanggal laporan keuangan tersebut berbeda maka laporan keuangan konsolidasi per tanggal laporan keuangan bank masih dapat dilakukan sepanjang:

  • Perbedaan tanggal pelaporan tersebut tidak lebih dari 3 bulan.
  • Peristiwa atau transaksi material yang terjadi diantara tanggal pelaporantersebut diungkapkan dalam catatan atas laporan keuangan konsolidasi.

4. Laporan keuangan konsolidasi disusun dengan menggunakan kebijakan akuntansi yang sama untuk transaksi, peristiwa dan keadaan yang sama atau sejenis.

5. Hak minoritas (minority interest) harus disajikan tersendiri dalam neraca konsolidasi antara kewajiban dan modal sedangkan hak minoritas dalam laba disajikan dalam laporan labarugi konsolidasi

Aplikasi financial consolidation akan membantu mempercepat proses pengambilan data dari ERP dan secara otomatis akan me-mapping trial balance semua perusahaan ke format chart of account konsolidasi. Jika semua data perusahaan yang akan dikonsolidasi, maka eliminasi akan dilakukan secara otomatis jika matrik eliminasi sudah dibangun di dalam sistem. Dengan bantuan aplikasi Financial Consolidation, maka proses konsolidasi dapat dilakukan secara cepat menggunakan satu sistem yang memiliki database terpusat tidak seperti excel atau spreadsheet.


Aplikasi Open Source Dengan Kemampuan Integrasi Dengan Berbagai Sistem ERP

Benefit

1. Akurasi dan kecepatan operasional

2. Ketepatan dan kecepatan dalam implementasi

3. Kemudahan dalam penggunaan

4. Kemudahan dalam pemeliharaan

5. Konsolidasi Multi Level perusahaan

6. Import & Export file Excel

7. Aplikasi berbasie Web

8. Database yang terpusat dan terintegrasi

9. Kemudahan integrasi dengan semua ERP